-->

Apa Itu SEO? Pengertian dan Cara Kerja SEO

Halo sobat blogger, selamat datang di GO-BLOGGER. Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang SEO. Apa itu SEO? Bagaimana cara kerja SEO? Banyak pebisnis online yang masih pemula kebanyakan bingung dengan hal itu termasuk saya juga. Nah, langsung saja simak artikel saya sampai selesai.
Apa itu SEO?

Menurut Wikipedia, SEO adalah singkatan dari Optimisasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization) yang merupakan rangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik. SEO pada dasarnya adalah sebuah proses yang membuat website kita mendapatkan banyak traffic.

Sobat blogger pasti tau yang namanya Google kan? Google adalah salah satu search engine yang paling mendominasi dunia pada saat ini selain Yahoo dan Bing. Dari setiap kata kunci yang kita cari di Google, biasanya memberikan hasil dari halaman pertama sampai halaman terakhir. Nah, menurut survey yang diadakan Google sendiri, ternyata para pencari di Google mereka hanya men-klik website yang tampil di halaman satu. Nah, oleh karena itu SEO adalah sebuah proses yang membuat website kalian berada di urutan halaman pertama dan mendapatkan banyak visitor. 

SEO terdiri dari 2, yaitu :
1. On Page
adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan desain website/blog yang kalian miliki, seperti letak-letak foto,  tulisan-tulisan, dan kemudahan yang ditampilkan di website. Google menyukai website berdasarkan konten dan kemudahan yang dihasilkan. Jadi On Page dalam SEO adalah : 
  • letak gambar
  • tulisan yang bermanfaat (unik)
  • banyaknya kata kunci yang ada di artikel
  • link internal artikel
  • link yang mengarahkan ke social media (share)
  • kemudahan fasilitas (sitemap, about, contact, privacy, disclaimer).
2. Off Page
adalah  segala sesuatu yang berasal dari luar website/blog yang kita miliki atau yang disebut dengan Backlink (Link balik dari website lain ke website kita). Kalau website kita mendapat baclink, maka website kita akan mendapatkan nilai yang populer dari google.

Dari kedua hal di atas, yang paling penting adalah SEO On Page karena Google menyukai konten dibandingkan backlink. Jadi fokuslah membuat konten yang berkualitas agar visitor merasa puas mengunjungi website kita. 

Begitulah penjelasan mengenai SEO, semoga sobat blogger paham tentang SEO, meskipun hanya sedikit penjelasan. Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Baca juga artikel saya yang lainnya.


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel