-->

Inilah Efek Buruk dari Kebiasaan Begadang

Begadang merupakan suatu keadaan seseorang yang memaksa tubuhnya untuk terjaga sampai larut malam. Nah, manusia umumnya harus tidur selama tujuh atau delapan jam. Jika seseorang tidur kurang dari tujuh jam dan dilakukan secara terus menerus, kemungkinan akan ada efek buruk terhadap dirinya.
Manusia diharuskan tidur yang cukup pada malam hari karena tidur bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. Tidur akan memperbaiki metabolisme tubuh dan membuat rileks pikiran sehingga saat bangun akan merasa lebih fresh, lebih fit, dan tubuh akan siap melakukan aktifitas sehari-hari. Orang yang sering begadang lama-kelamaan akan muncul efek fisik pada tubuhnya seperti wajah lesu, muncul kantung mata, dan mata memerah. Orang yang begadang pasti selalu tidur larut malam dan bangun di siang hari, bukan pagi hari. Hal tersebut harus dihindari, karena orang yang tidur tepat waktu, pasti bisa bangun di pagi hari dan badan menjadi fresh. Pasti berbeda dengan orang yang sering begadang, bangun pada siang hari dengan badan yang lemes.

Ketika bangun pada pagi hari, kita dianjurkan untuk minum air putih yang banyak, karena dengan minum air putih yang banyak akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat tidur. Selain minum air putih kita juga dianjurkan untuk melakukan kegiatan di pagi hari, seperti buang air kecil setelah minum air dan sarapan sebelum jam sembilan pagi. Orang yang begadang pasti sulit untuk sarapan sebelum jam sembilan, karena mereka terbiasa bangun lebih dari jam sembilan.

Alasan Seseorang Melakukan Begadang 

Ada beberapa penyebab seseorang begadang sampai larut malam, diantaranya :

1. Kerja Lembur

Seseorang melakukan begadang biasanya disebabkan oleh tuntutan tugas, entah itu tugas sekolah yang banyak atau tugas pekerjaan yang sudah mendekati deadline dan kita dituntut untuk menyelesaikannya.

2. Kerja Shift Malam

 Kerja shift malam akan membalik pola tidur kita seperti kelelawar, tidur siang hari dan aktif pada malam hari. Pola hidup seperti ini sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat tubuh rentan terkena penyakit serta menurunkan daya tahan tubuh. Pekerjaan yang diharuskan shift malam seperti security/satpam, supermarket yang buka 24 jam, operator pom bensin.

3. Terlalu Asik Bermain

Seringkali dari kita terlalu asik bermain atau bersenang-senang dengan teman, entah itu pergi jalan-jalan atau bermain game hingga lupa waktu kalau sudah larut malam. Keadaan ini biasanya terjadi oleh kalangan remaja, yang memang adalah masa-masa mencari jati diri.

Dan juga alasan yang lain. Dan alasan-alasan tersebut membuat seseorang bisa terbiasa melakukan begadang.


Efek dari Begadang

1. Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang dipaksa untuk bekerja terus-menerus tanpa melakukan istirahat yang cukup, maka bisa berakibat gangguan kesehatan dan daya tahan tubuh akan menurun. Sehingga lebih rentan terhadap penyakit maupun berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu, demam, infeksi paru-paru, infeksi usu, hepatitis, dan lain sebagainya.

2. Menurunkan Tingkat Kesuburan

Untuk Perempuan, begadang bisa mempengaruhi sekresi hormon dan kualitas ovum yang mempengaruhi siklus menstruasi. Dan untuk laki-laki, begadang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.

3. Insomnia 

Seseorang yang mempunyai kebiasaan begadang akan sulit untuk tidur lebih awal, karena tubuh telah terbiasa tidur hingga larut malam.

4. Mengganggu Kesehatan Kulit

Begadang membuat hormon kortisol dilepaskan dalam jumlah banyak. Produksi kortisol yang berlebihan akan memecah kolagen kulit, sehingga menurunkan elastisitas dan kehalusan kulit.

5. Kanker Hati

Penelitian para dokter di National Taiwan Hospital menemukan bahwa tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang merupakan penyebab utama kerusakan hati.

6. Penyakit Jantung dan Stroke

Akibat tidur malam yang kurang dari 6 jam dan dilakukan secara terus-menerus, bisa menyebabkan arteri meradang yang pada akhirnya memicu penumpukan plak pada pembuluh darah. Kondisi ini lebih rentan terhadap serangan jantung dan stroke.

7. Sakit Kepala Hingga Kerusakan Otak

8. Alzheimer

9. Meningkatkan Peluang Stres dan Depresi


Cara Mengatasi Kebiasaan Begadang

Untuk cara mengatasi kebiasaan begadang adalah belajarlah mengatur Anda agar tidak terbiasa untuk begadang terus-menerus.

Sekian semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

0 Response to "Inilah Efek Buruk dari Kebiasaan Begadang "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel