-->

Apa Itu DMCA? Apa Fungsinya? Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Artikel Blog/Website?

Halo sobat blogger, selamat datang di GO-BLOGGER. Pada artikel kali ini saya ingin memberikan sedikit pengetahuan seputar DMCA. Mungkin para blogger pemula ada yang belum tau tentang DMCA. Sama Seperti saya yang awalnya juga tidak tau. Mungkin kalian pernah mendengar nama DMCA. Apa Itu DMCA? Apa sih Fungsinya untuk blog?
Silahkan simak penjelasannya berikut ini :
Apa Itu DMCA? Apa Fungsinya? Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Artikel Blog/Website?

Apa Itu DMCA?

DMCA adalah singkatan dari Digital Millenium Copyright Act, merupakan hukum hak cipta Amerika Serikat yang memberlakukan dua perjanjian World Intellectual Property Organization (WIPO) tahun 1996. DMCA mengkriminalisasi pembuatan dan diseminasi teknologi, perangkat, atau layanan yang bertujuan membatasi prosedur (atau biasa disebut pengelolaan hak digital atau DRM) yang mengendalikan akses ke karya-karya berhak cipta.

Secara garis besar, DMCA adalah sebuah perlindungan terhadap hak cipta agar tidak terjadinya penduplikatan konten, gambar, blog ataupun pencurian dan pembajakan seperti halnya postingan website/blog yang begitu banyak disebarluaskan di media hosting untuk bebas dicopy-paste. Intinya DMCA adalah suatu perlindungan terhadap keaslian konten dan keaslian produk yang berformat digital.

 

Apa Fungsi DMCA?

Seperti yang saya jelaskan di atas yaitu pengertian DMCA, tentu dengan pengertian di atas kalian sudah tau bahwa fungsi/manfaat/kegunaan DMCA adalah untuk melindungi konten blog/website agar tidak bebas dicopy-paste oleh pembajak. Bentuk perlindungan DMCA antara lain :
  1. DMCA adalah alat perlindungan konten untuk membuat pembajak/pencuri konten sulit untuk mempublikasikan ulang konten kita.
  2. DMCA melindungi gambar dari penggunaan ilegal dengan meminta merek ataupun info hak cipta secara otomatis dan memberikan watermark kepada gambar digital.
  3. DMCA akan mencari duplikat yang tidak sah dari konten anda menggunakan alat pemindaian konten khusus.
  4. DMCA melindungi uang dan waktu, mengambil konten yang dicuri itu mahal dan memakan waktu, dengan DMCA akan cepat membantu anda melindungi konten. 

 

Bagaimana Cara Mendaftar DMCA?

Untuk mendaftar DMCA sangatlah mudah. Bagi yang belum tau, langsung saja simak sedikit tutorial ini sampai selesai :

Pertama Kalian masuk ke situs https://www.dmca.com/, kemudian kalian klik "SIGNUP", maka akan muncul pop-up seperti di bawah ini. Kemudian kalian pilih "Get a FREE Badge"
masuk situs DMCA>Signup>Get a FREE Badge

Kedua Kalian isi pada "Register Your Badge" Nama Depan, Nama Belakang, dan alamat email kalian. Pada "Select A Badge" kalian pilih logo DMCA yang kalian sukai. Kalau sudah klik "SIGNUP"
isi pada "Register Your Badge">SIGNUP

Ketiga Jika sudah SIGNUP/Daftar, maka kalian bisa meng-copy paste kode html pada "Embed Your Badge" di blog sesuka kalian, atau kalian bisa klik "Add to Blogger" kemudian pilih "Tambahkan Widget". Sebelum menerapkannya pada blog, kalian masih bisa memilih logo DMCA jika ingin ganti.
copy-paste kan kode html ke blog sesuka kalian

Penutup

DMCA juga menyediakan menu take down website, yang berfungsi untuk melaporkan website atau konten orang lain yang telah melakukan pembajakan/pencurian terhadap blog/website kita. Dan take action yang diberikan langsung, dalam beberapa hari sudah bisa dihapus/dimusnahkan dari internet.

DMCA juga menyediakan versi FREE dan PRO :
  1. Versi FREE tanpa mengeluarkan biaya
  2. Versi PRO menyediakan berbagai fitur termasuk metode take down website dan verification certificate protected

Baca Juga : Cara Posting Artikel Blog Yang Benar Supaya Cepat Terindex Google

0 Response to "Apa Itu DMCA? Apa Fungsinya? Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Artikel Blog/Website?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel