-->

Cara Membuat Halaman Privacy Policy, Disclaimer, dan Sitemap Untuk Blog Pemula

Halo sobat blogger, selamat datang di GO-BLOGGER. Pada artikel kali ini, saya ingin memberikan sedikit tutorial seputar Blogging yaitu Cara Membuat Halaman Privacy Policy, Disclaimer, dan Sitemap Untuk Blog. Nah, untuk blogger pemula, diharuskan untuk membuat halaman about, contact, privacy policy, dan disclaimer pada blognya masing-masing karena halaman-halaman tersebut berpengaruh dalam proses diterimanya blog oleh Google Adsense. Untuk blogger pemula yang belum paham cara membuat halaman-halaman tersebut, silahkan simak tutorial berikut sampai selesai :

Cara Membuat Halaman Privacy Policy

Pertama Sebelum membuat halaman "Privacy Policy" dan "Disclaimer", kalian buat terlebih dahulu halaman "About" dan "Contact" dengan mengklik pada "Halaman Baru" seperti gambar di bawah :
buat halaman "about" dan " contact" dulu
Isikan halaman "About" sesuai pendeskripsian blog kalian masing-masing. Untuk halaman "Contact" isikan alamat email atau nomer Hp kalian yang bisa dihubungi. Sebagai contoh lihat About dan Contact blog saya yang berada di bawah.

Kedua Setelah membuat halaman About dan Contact, sekarang waktunya membuat halaman Privacy policy. Untuk membuat halaman ini, kita harus pergi ke situs Privacy Policy Online. Setelah berada di situs tersebut, silahkan isi data sesuai dengan blog kalian, seperti contoh di bawah ini :
  • Untuk "Contact Link" isikan link halaman "Contact" yang kalian buat tadi.
  • Untuk "Email Address" isikan alamat email kalian.
  • Untuk "Email Encryption" saya pilih "Encrypt Email".
  • Untuk "Advertisers on your site" dicentang semua, dan bagian yang kosong saya pilih "Backlinks.com" seperti gambar di atas.
Setelah itu klik "Generate Policy"

Ketiga Setelah itu akan muncul halaman Privacy Policy blog kalian, kemudian copy halaman tersebut atau copy kode html dengan klik "Generate HTML for this page"
Setelah itu copy kode html dengan klik "Highlight Text" kemudian tekan tombol "ctrl+C"

Keempat Setelah kode html dicopy, kemudian buat "Halaman Baru". Beri judul halaman "Privacy Policy", setelah itu paste kan kode html tadi ke bagian "HTML". Jika muncul peringatan seperti gambar di bawah, kalian klik "Perbaiki". Setelah selesai tinggal "Publikasikan" halaman.
Setelah itu lihat hasilnya. Jika hasilnya kurang rapi, bisa kalian rapikan dulu pada bagian "Compose" yang di samping bagian "HTML" pada gambar di atas.


Cara Membuat Halaman Disclaimer

Nah, untuk membuat halaman Disclaimer juga tidak jauh berbeda dengan membuat Privacy Policy. Membuatnya juga masih berada di situs Privacy Policy Online. Silahkan masuk lagi di situs tersebut, kemudian klik "Disclaimer Generator" atau kalian langsung klik link disamping.

Untuk membuatnya langkah-langkahnya sama seperti membuat Privacy Policy.
Pertama Isikan data seperti pada saat membuat privacy policy. Setelah itu klik "Generate Disclaimer"

Kedua Setelah itu akan muncul kode html, kalian tinggal copy kodenya.

Ketiga Setelah di copy, kemudian buat Halaman Baru dan beri judul "Disclaimer". Kemudian paste kode html tadi ke bagian "HTML". kalian bisa rapikan dulu hasilnya di bagian "Compose". Jika sudah selesai kalian klik "Publikasikan"


Cara Membuat Halaman Sitemap/Daftar Isi

 Untuk membuat Sitemap/Daftar Isi, caranya buat Halaman Baru dan beri judul "Sitemap" atau "Daftar Isi" terserah kalian. Kemudian copy-paste kode html berikut ini pada bagian HTML. Kemudian klik "Publikasikan"
<style type="text/css">
#toc{width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #2D96DF;
-webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
-moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);}
.labl{color:#FF5F00;font-weight:bold;margin:0 -5px;
padding:1px 0 2px 11px;background: #3498DB;
border:1px solid #2D96DF;
border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
-webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
-moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;}
.labl a{color:#fff;}
.labl:first-letter{text-transform:uppercase;}
.new{color:#FF5F00;font-weight:bold;font-style:italic;}
.postname{font-weight:normal;background:#fff;margin-left: 35px;}
.postname li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px}
</style>
<div id="toc">
<script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/penaindigo/Pena-Indigo-Code@a134f9def601a6f77332eccc35d3d20e0d3c7e49/sitemappenaindigo.js" type="text/javascript"></script>
<script src="/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div>
Dan ini adalah hasil kode html Sitemap dari blog saya, ini linknya Sitemap
https://gobloggerjpr.blogspot.com/p/sitemap.html

Akhirnya selesai juga tutorial ini, gimana sobat blogger, mudah sekali ya. Untuk menerapkan Halaman-halaman tersebut di blog, kalian tinggal menerapkannya di bagian widget atau di bagian bawah blog seperti blog saya ini. Tergantung tata letak yang disediakan template/tema blog kalian.

Sekian tutorial dari saya, jika kalian masih bingung dengan tutorial ini silahkan tinggalkan komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel saya yang lainnya ya.

Terima Kasih

0 Response to "Cara Membuat Halaman Privacy Policy, Disclaimer, dan Sitemap Untuk Blog Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel