-->

5 Makanan Khas Jepara Yang Wajib Dicoba Saat Liburan ke Jepara

Halo sobat semuanya, selamat datang di GO-BLOGGER. Pada artikel kali ini saya ingin memberi info nih seputar kota kesayangan Admin yaitu Jepara lebih tepatnya tentang kuliner makanan khas Jepara yang wajib dicoba saat liburan ke Jepara.

Admin mau bertanya, apakah sobat tau tentang Kota Jepara? Ya, Kota Jepara adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota Jepara memang sudah dikenal banyak orang sebagai Kota Ukir, karena memang di Jepara banyak pengrajin ukiran yang memiliki ciri khas yang kental dengan kota Jepara dan ukirannya sangat bagus sekali. Dan juga di Jepara ada sebuah desa yang dikenal dengan sentra industri seni patungnya yaitu Desa Mulyoharjo. Bahkan hasil ukiran dari Jepara sudah diekspor sampai ke mancanegara. Makanya banyak pengusaha mebel dari Jepara yang menjadi kaya karena usaha tersebut dan juga ada yang memiliki usaha mebel di luar Kota Jepara.

Baca Juga : Sejarah Kota Jepara Jawa Tengah

Selain terkenal dengan ukirannya, Kota Jepara juga dikenal dengan wisata alamnya yang indah apalagi wisata pantainya yang banyak, contohnya Pantai Bandengan dan Pantai Kartini dan banyak lagi pantai yang lainnya. Karena di bagian barat dan utara Kota Jepara berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Dan juga wisata alam Jepara yang sudah sangat digemari wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu Kepulauan Karimunjawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara.

Nah, jika kalian liburan ke Jepara jangan lupa juga mencoba makanan khas Jepara yang sangat enak. Untuk mencoba makanan khas Jepara kalian bisa pergi ke Pusat Kuliner Jepara yang berada di belakang Shopping Centre Jepara, di sana banyak sekali yang menjual kuliner khas Jepara yang sangat menggoda selera. Pusat Kuliner Jepara buka setiap sore-malam. Liburan ke Jepara jika tidak mencoba makanan khas Jepara rasanya kurang mantap. Jadi jangan lupa mencicipi makanan khas Jepara jika liburan ke sini ya...

Apa saja sih makanan khas Jepara? Makanan khas Jepara sebenarnya ada banyak sekali ya sobat, tapi saya akan memberi tau 5 Makanan khas Jepara yang tidak ada dimanapun selain di Jepara. Mungkin ada yang jual selain di Jepara, tetapi yang paling enak kalau langsung dari Jepara hehe...

5 Makanan Khas Jepara Yang Wajib Dicoba Saat Liburan ke Jepara

1. Horok-Horok

Horok-Horok
Semua orang Jepara pasti tau makanan ini dong, namanya Horok-horok. Horok-horok memang sudah populer di Jepara karena memang rasanya enak kalau dimakan dengan pecel, bakso, sate kikil, soto, gulai, dan makanan lainnya. Horok-horok juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Horok-horok terbuat dari tepung pohon aren (pati aren). Horok-horok termasuk makanan langka karena umumnya hanya ada di Jepara.



2. Pindang Serani

Pindang Serani
Pindang serani merupakan makanan khas Jepara yang paling banyak diburu oleh wisatawan jika berkunjung ke Jepara. Pindang serani adalah makanan khas yang berbahan dasar ikan laut segar. Pindang serani memiliki rasa yang khas dari ikan pindang lainnya. Pindang serani tidak mengandung kecap sehingga memiliki kuah yang bening dan rasanya pedas, asem, manis dan paling enak disajikan saat siang hari. Pindang serani dimasak dengan aneka bumbu dan rempah yang merupakan resep dari R.A. Kartini.


3.  Lontong Krubyuk

Lontong Krubyuk
Lontong krubyuk adalah makanan khas dari Jepara yang terbuat dari lontong seperti pada umumnya. Namun yang spesial dari lontong ini adalah terdapat suwiran daging ayam semur dan menggunakan kuah bakso. Lontong krubyuk diolah dengan bumbu khas Karimunjawa karena memang makanan ini barasal dari Karimunjawa yang merupakan bagian dari Jepara.



4. Adon-Adon Coro

Adon-Adon Coro
Adon-Adon Coro adalah minuman khas Jepara yang sebenarnya adalah sebuah jamu yang terbuat dari beberapa rempah-rempah, seperti pandan, merica bubuk, kayu manis, cengkih, lengkuas, yang disiram dengan santan, jahe gula merah, dan air. Minuman ini rasanya pedas dan hangat karena mengandung jahe. Minuman tradisional ini sudah ada sejak dulu yang merupakan resep turun-temurun. Penyajiannya pun unik karena disajikan dengan satu sendok di sebuah mangkok dan diminum selagi masih hangat.



5. Rondho Royal

Rondho Royal
Rondho Royal merupakan makanan cemilan tradisional khas Jepara yang terbuat dari tepung beras dan tape singkong. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu adonan tepung beras kemudian diisi dengan tape singkong kemudian digoreng. Makanan ini sangat ini untuk cemilan karena memiliki rasa yang manis dan enak selagi masih hangat.


Nah, itulah beberapa makanan khas Jepara yang sangat menggugah selera dan masih ada banyak lagi. Bagaimana tertarik untuk liburan ke Jepara? Jika kalian liburan ke Jepara, jangan lupa kunjungi wisata-wisata alam dan mencoba makanan khas Jepara yang ada di atas. Dijamin enak deh hehe... 
Di Jepara juga ada loh wisata bahari terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah yaitu Jepara Ourland Park (JOP).  JOP terletak di pesisir Pantai Mororejo, jadi pemandangan disana sangat bagus sekali. Silahkan yang ingin liburan ke Jepara, dijamin gak akan nyesel.

Baca Juga : Kisah Sejarah RMP Sosrokartono, Kakak dari RA Kartini

0 Response to "5 Makanan Khas Jepara Yang Wajib Dicoba Saat Liburan ke Jepara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel