-->

Inilah Penyebab Iklan Google Adsense Tidak Tampil dan Solusi Mengatasinya

Halo sobat blogger, selamat datang di GO-BLOGGER. Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang seputar Adsense yaitu Penyebab Iklan Google Adsense Tidak Tampil dan Solusi Mengatasinya. Ilmu ini saya dapat dari channel Youtube Mastimon dan saya bagikan di blog sederhana ini agar dapat saya ingat ilmu ini dan bisa berbagi ilmu lewat tulisan hehe...

Pasti kalian sudah tau apa itu Google Adsense kan? Tentu jika kalian seorang blogger atau youtuber pasti tujuannya untuk daftar adsense dan menghasilkan banyak uang, saya juga begitu hehe... Tapi tujuan saya tidak cuma itu, yang pasti saya ingin berbagi ilmu yang saya miliki atau ilmu yang saya dapatkan dari orang lain dan saya tulis di blog ini.

Nah, sekarang ini banyak yang mengeluhkan tentang iklan Adsense tidak tampil atau iklannya blank di blog/website. Rata-rata sebenarnya masalahnya kecil atau sepele tetapi dapat mebuat iklan Adsense tidak tampil. Menurut Mas Timon, kemungkinan ada beberapa masalah yang menjadi penyebabnya.

Baca Juga : Tips Agar Akun Adsense Tidak di Banned

Penyebab Iklan Tidak Tampil/Iklan Blank

1. Mengganti template blog yang baru diterima adsense

Permasalahan ini sepertinya sangat sepele dan sering diabaikan, hanya mengganti template saja bisa mengakibatkan iklan tidak tampil. Untuk blog yang baru diterima adsense, jangan langsung mengganti template blog. Saran Mas Timon jika baru diterima Adsense, jangan langsung mengganti template blog, kalau bisa tunggu 1 atau 2 bulan atau jika bisa sampai verifikasi PIN Adsense dan gajian.

2. Mengganti Unit Link

Untuk blog yang baru diterima Adsense, jangan sering ganti unit iklan karena itu bisa berpengaruh terhadap tampilan iklan di blog. Sebenarnya mengganti unit iklan tidak apa-apa jika akun Adsense kalian sudah kuat.

3. Belum Memasang Ads.txt

Setiap kita memiliki akun Adsense, kita wajib memasang Ads.txt. Untuk caranya, kalian bisa cari-cari di Google atau Youtube. Nanti kalau saya sudah mendaftar Adsense, saya akan membuatkan tutorialnya.

4. Belum Verifikasi PIN 

Kemungkinan penyebab yang selanjutnya adalah belum verifikasi PIN. Jika sudah memasuki ambang verifikasi PIN, maka segeralah langsung lakukan verifikasi PIN kalau tidak bisa menyebabkan iklan blank. Menurut Mas Timon, ada 3 tahapan untuk mengajukan verifikasi PIN supaya diantar ke rumah. Kalau tidak diantar kantor pos sampai 3 kali, kalian langsung verifikasi menggunakan KTP.

5. Pelanggaran Konten

Penyebab selanjutnya adalah kemungkinan kalian membuat konten yan melanggar, seperti konten pornografi atau hal-hal yang mengandung kekerasan atau konten copy-paste dari situs lain. Jadi perhatikan setiap kalian membuat konten, jangan sampai melanggar kebijakan Adsense.

6. Sumber Visitor dari Sosmed atau Youtube

Kemungkinan penyebab ini sangat mempengaruhi iklan Adsense kalian. Kalau kalian ingin akun adsense tetap kuat carilah visitor dari pencarian Google, jangan sembarangan membagikan link blog ke sosmed atau youtube sehingga lebih banyak visitor dari sosmed daripada pencarian Google.

7. Penggunaan Ad Balance

Menurut Mas Timon, pada saat menggunakan Ad Balance di bawah 50%, iklan kemungkinan besar akan tidak tayang, tapi tetap pada saatnya akan tayang. Penggunaan Ad Balance yang bagus adalah 70%. Yang belum paham tentang Ad Balance, kegunaanya untuk memfilter iklan-iklan yang sesuai. Saya sendiri juga belum paham tentang Ad Balance hehe...

8. Perubahan Algoritma Google

Jika iklan tiba-tiba blank tanpa ada peringatan pelanggaran, kemungkinan Google sedang melakukan perubahan algoritma atau sejenisnya dan bisa membuat iklan di blog blank. Kemungkinan tidak akan lama, mungkin 2-5 hari kemudian akan kembali normal. Jangan khawatir dan jangan lakukan perubahan pada blog seperti ganti template atau lainnya.

9. Banyaknya Boom Klik Iklan

Jika terlalu banyak klik iklan atau istilahnya boom klik iklan dengan orang lain apalagi dengan sengaja kemungkinan bisa menyebabkan iklan blank.


Solusi Mengatasi Iklan Tidak Tampil/Iklan Blank

A. Periksa Email

Solusi pertama kalian cek email terlebih dahulu. Jika ada email pelanggaran kalian perbaiki dulu kemudian ajukan lagi, kemungkinan akan diterima kembali. Yang penting akun adsense tidak dibanned.

B. Periksa Dashboard Adsense

Jika iklan blank, periksa dashboard adsense. Biasanya di bagian atas ada peringatan berwarna merah. Peringatan itu jangan diabaikan, kalian langsung perbaiki masalahnya sesuai peringatannya.

C. Tetap Update Artikel

Jika iklan tidak tayang karena perubahan algoritma Google, tetaplah update artikel yang orisinil di blog kalian, jangan copy-paste atau melanggar, jangan ganti template, jangan cabut kode iklan/ganti iklan. Kemudian beberapa hari ke depan cek iklan, apakah sudah tampil di blog.


Nah, itulah beberapa penyebab iklan tidak tampil atau iklan blank dan solusi mengatasi iklan blank yang dijelaskan oleh Mastimon di cannelnya yang berdasarkan pengalamannya sendiri. Jika kalian tidak paham yang saya jelaskan dengan tulisan, kalian bisa tonton sendiri videonya.

Ini linknya > https://www.youtube.com/watch?v=0qNCb88LPKQ

Oke, itu saja sobat blogger. Semoga menambah wawasan kita tentang adsense jika nantinya kita mengalami masalah yang serupa. Terima Kasih.

Baca Juga : Cara Posting Artikel yang Benar Supaya Cepat Terindex Google

0 Response to "Inilah Penyebab Iklan Google Adsense Tidak Tampil dan Solusi Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel