-->

Inilah Penyebab Artikel Tidak Terindex Google dan Solusi Mengatasinya

Halo sobat blogger, selamat datang di GO-BLOGGER. Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi sedikit ilmu pengetahuan seputar blogging yaitu tentang pengindeksan artikel. Untuk para blogger, baik pemula ataupun yang sudah ahli tentunya menginginkan artikel yang dibuatnya bisa cepat terindeks oleh Google webmaster tools dan berada di page one pencarian google sehingga visitor akan menjadi banyak.

Inilah Penyebab Artikel Tidak Terindex Google dan Solusi Mengatasinya

Namun, pada akhir-akhir ini, banyak para blogger yang mengeluhkan tentang artikel di blog tidak bisa/sulit terindeks oleh webmaster tools Google Search Console sehingga artikel tidak bisa ditemukan di search engine/pencarian google. Bahkan sampai beberapa hari belum diindeks oleh google.

Kenapa artikel sulit atau tidak bisa terindex google?
Penyebab dari artikel tidak terindex google webmaster ini ada berbagai penyebab, bisa jadi dari kesalahan kita sendiri atau error dari webmaster tools, berikut ini penyebabnya :

Penyebab Artikel Tidak Terindex Google

1. Artikel Copy-Paste

Kemungkinan penyebab yang pertama adalah artikel yang anda buat adalah hasil copy-paste. Biasanya blogger pemula, pada awalnya suka meng-copy paste artikel orang lain, jadi jangan heran jika artikel tersebut tidak diindeks oleh google webmaster tools.

2. Artikel Hasil Spinning 

Untuk yang belum mengetahui pengertian spinning artikel, silahkan baca penjelasan artikel saya di artikel yang sudah saya buat tentang spinning artikel
Baca Penjelasannya > Spinning Artikel Berdampak Buruk Untuk Blog


3. Sering Melakukan Spam Link

Kemungkinan penyebab selanjutnya adalah kalian melakukan spam. Spam ini ada berbagai jenis, contohnya kalian menyebar Backlink dimana-mana entah itu di sosmed atau kalian meninggalkan komentar link blog di blog orang lain. Saya sarankan jangan melakukan spam link sembarangan seperti ke sosmed atau di blog orang lain.

4. Umur Blog yang Masih Muda/Blog Baru

Kemungkinan penyebab selanjutnya adalah umur blog. Google webmaster itu perlu waktu untuk mengindex sebuah blog baru, jadi jangan heran jika artikel di blog yang masih muda/baru sulit terindeks. Ada beberapa tahapan untuk mendaftarkan blog di webmaster tools Google Search Console, silahkan baca tutorial cara mendaftar dan mengindeks blog yang saya buat. Tutorial ini saya lakukan dan setiap artikel yang saya submit bisa muncul di pencarian google.
Baca Juga :
Cara Mendaftar Webmaster Tools Google Search Console
Cara Indeks Artikel Blog Google Webmaster Tools Dengan Cepat


5. Google Melakukan Perubahan Algoritma

Kemungkinan penyebab yang paling membingungkan adalah google sedang melakukan perubahan algoritma. Pada saat google sedang melakukan update algoritma, biasanya artikel akan susah terindex google webmaster tools. Kita tidak akan tau perubahan yang dilakukan oleh google. Tapi tenang saja, mungkin beberapa hari ke depan artikel akan terindex.




Solusi Mengatasi Artikel Sulit/Tidak Terindex Google
Dari permasalahan di atas, ada beberapa solusi yang kemungkinan bisa mengatasi artikel sulit/tidak bisa terindex google, diantaranya :

1. Menulis Artikel yang Orisinil

Tulislah artikel hasil dari pemikiran sendiri, kalian boleh juga rewrite tetapi kalian harus mengambil ide pokok atau intinya kemudian kalian tulis menggunakan gaya bahasa kalian sendiri. Jangan langsung copy-paste mentah-mentah atau hanya dirubah sebagian kata(spinning), itu sama saja melanggar hak cipta milik orang lain.
Dan juga jangan ambil gambar dari blog orang lain, nanti bisa terkena copyright. Kalau mau gambar yang gratis tanpa copyright, kalian bisa download di Pixabay, jika di Pixabay tidak ada yang sesuai, kalian bisa screenshot gambar orang lain kemudian diedit atau di beri sumber link gambar.

2. Update Artikel Setiap Hari

Nah, ini juga solusi yang saya sarankan. Kalian wajib update artikel setiap hari, minimal 1 artikel sehari. Jangan tidak update artikel secara berturut-turut beberapa hari karena berdampak saat kalian update artikel, maka artikel tersebut akan sulit terindex atau bahkan tidak terindex. Menurut pengalaman saya, saya pernah tidak update artikel selama 2 hari, dan pada saat update artikel, kemudian artikel saya indeks di webmaster dan hasilnya artikel tersebut tidak terindeks. 
Tetapi sekarang saya mencoba konsisten menulis artikel, minimal 1 artikel sehari. Lalu, bagaimana cara agar konsisten menulis artikel setiap hari? Saya ada sebuah artikel yang berbagi tips agar konsisten menulis artikel di blog. Silahkan dibaca.
Baca Juga : Tips Supaya Konsisten Menulis Artikel di Blog Setiap Hari (Untuk Pemula)


3. Posting Artikel yang Benar

Saat selesai menulis artikel, perhatikan beberapa bagian di artikel seperti memberi label, mengatur permalink, dan deskripsi penelusuran. Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian baca artikel berikut
Baca Juga : Cara Posting Artikel Blog Yang Benar Supaya Cepat Terindex Google
Pada saat artikel dipublikasikan, jangan lupa setelah itu indeks artikel ke webmaster google.

4. Jangan Lupa Berdoa

Jangan lupa setiap indeks artikel ke webmaster tools Google Search Console, berdoa terlebi dahulu agar dimudahkan pengindeksan oleh yang maha kuasa.


Oke, itu saja penjelasannya tentang Penyebab Artikel Tidak Terindex Google dan Solusi Mengatasi Artikel Tidak Terindeks. Perlakuan Google pada setiap blog itu berbeda, ada yang hari ini bisa terindeks dengan mudah dan ada juga yang sulit untuk terindex. Itu semua tergantung pada perlakuan kita ke blog sendiri atau blog orang lain. Jika kita bermain blog secara SEO dan jujur, kemungkinan akan dimudahkan juga oleh Google. Begitu juga sebaliknya maka akan disusahkan Google.

Semoga artikelnya bermanfaat dan semoga berhasil. Terima Kasih.

0 Response to "Inilah Penyebab Artikel Tidak Terindex Google dan Solusi Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel